Posisi Tangan yang Benar Saat Mengemudi


Jakarta – Mengemudi yang baik dan benar memerlukan perhatian khusus bahkan untuk hal sekecil mungkin. Salah satunya dengan memperhatikan bagaimana posisi tangan yang benar disaat mengemudikan kendaraan.

“Ya, posisi tangan di atas setir memang menjadi salah satu faktor yang akan memberikan kenyamanan dalam berkendara. Tentu ini pun akan berujung kepada keselamatan sang pengendara,” ujar Executive Director Indonesia Defensive Driving Center(IDDC) Bintarto Agung.

Memang sebelumnya para pakar berpendapat posisi tangan yang baik pada setir mobil itu berada pada arah pukul 10 untuk tangan kiri, dan arah pukul 2 untuk tangan kanan.

Namun kini para pakar pula yang silang pendapat mengenai hal tersebut. Sebab pendapat lain mengatakan posisi tangan diatas setir kendaraan yang baik itu berada pada arah pukul 9 untuk tangan kiri dan arah pukul 3 untuk tangan kanan.

“Posisi 9 dan 3 ini merupakan posisi tangan yang sempurna, hal ini memudahkan sang pengendara dalam berkendara. Karena dengan posisi ini sang pengendara dengan mudah melakukan olah kemudi pull dan push serta memudahkan pengendara untuk memutar setir kendaraan,” ujar Tanto.

Nah untuk mengetahui bagaimana menempatkan posisi yang tepat untuk tangan anda diatas setir, ada baiknya anda melihat yang satu ini.

1. Posisi tangan yang benar saat berkendara, tangan kiri berada di arah pukul 9 dan posisi tangan kanan berada diarah pukul 3.

2. Posisi tangan itu memudahkan untuk mengatur panel-panel yang berada dibawah setir kanan dan kiri.

3. Tidak boleh memutar setir dengan satu tangan.

4. Tidak boleh memutar setir dengan posisi menyilang dari dalam.

5. Disarankan untuk melakukan putaran dengan silang dari atas mengikuti lingkaran.

sumber: detik oto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>